Friday 18 February 2011

Extra-ordinary



Ini sepenggal cerita tentang musibah semalam (17-2-2011) 'Gedung New Body Fitness Center' terbakar tepat setelah orang-orang usai beraktifitas, melakukan latihan rutin 'nge-gym', seperti biasa mereka tak langsung pulang, melainkan ngobrol-ngobrol di teras terbuka dengan sesama member, trainer, satpam, sambil sekedar minum atau makan, duduk-duduk di bawah naungan payung besar yang memang disediakan pemilik gedung untuk pengunjung gym.


Tepat pukul 21.15 seseorang berteriak "KEBAKARAN!" demi melihat asap tebal membumbung tinggi di atap gedung itu. Kontan sekumpulan orang yang sedang ngobrol tadi lari ke arah datangnya suara. Benar! asap makin tebal menggumpal-gumpal, diiringi suara 'Kreketkkkk...wussshhh..mengerikan!!  api mulai menyala!'.. Kontan semua yang melihat kejadian itu berunding dengan cepat, berbagi tugas, tanpa ada pengumpulan suara untuk memilih siapa yang boleh memerintah, dengan sigap mereka menggunakan segala peralatan yang ada di tangan, seseorang mencoba menghubungi kantor polisi terdekat, kantor pemadam kebakaran, pemilik gedung, manajer, karyawan, bahkan ada yang berhasil mengabadikan jilatan api di wuwungan atap gedung dengan camera hand phone.

Beberapa orang mencoba kembali ke dalam gedung untuk melihat dari mana sumber api kebakaran itu. Sumber api dari lantai dua gedung itu!!.. kemungkinan besar dari ruangan sauna, maklum.. ruangan tersebut memang sangat rentan terbakar, semua dinding dan lantai terbuat dari kayu, belum lagi perangkat uap untuk pemanas ruangan. Sementara di seberang ruangan sauna ada bilik laundry.. tempat bahan-bahan linen dikumpulkan disitu, baik yang sudah selesai dicuci, atau yang masih tertumpuk. Di samping ruangan Laundry itu terletak ruangan berukuran sekitar 10x8m. Studio tempat latihan yoga, erobik, ju-jitsu, dan aktivitas sejenisnya diselenggarakan, juga rentan terbakar! Lantai ruangan tu terbuat dari kayu, sekeliling ruangan dindingnya dipasang kaca lebar, jendela untuk ventilasi yang berukuran kecil  pasti lah sudah di tutup sejak sore. di pinggir ruangan seluruh perlengkapan ditumpuk disusun dengan rapi. Dan semuanya terbuat dari bahan yang mudah terbakar! 

Dua orang mencoba meraih tabung pemadam api yang menempel di dinding sekitar ruangan itu.. TIDAK BERHASIL! rupanya dua tabung pemadam api itu sudah sangat lama tidak digunakan, tidak pernah dicek, dan api sudah terlalu besar untuk bisa dipadamkan, kamar bilas dimana mereka mengharapkan air yang cukup untuk memadamkan api tidak mungkin ditembus.. api sudah menutupi jalan menuju ke kamar bilas itu, yang lokasinya menjadi satu dengan ruang sauna, tempat asal mula api berkobar. TIDAK ADA KATA MENYERAH!!

Keputusan cepat segera diambil! Entah siapa yang memberi komando, sambil menunggu Petugas Pemadam Kebakaran, mereka berusaha menyelamatkan barang-barang berharga yang ada di lantai satu Gedung itu.. satu persatu barang diangkut ke luar gedung.. ANEH!!! kalo dihitung satu persatu, beban barang yang mereka angkut itu cukup mencengangkan! bayangkan! satu alat untuk tread mill itu bebannya bisa mencapai 80-100Kg!!! di ruangan lantai satu itu perangkat untuk latihan tread mill ada 10 buah!! belum lagi alat-alat lain untuk latihan otot..yang sangat rumit dan pastilah bebannya lebih dari sekedar perangkat untuk tread mill.. ck ck ck... dan semalam dalam tempo kurang dari setengah jam, berlomba dengan jilatan api, mengangkut satu peralatan hanya dilakukan oleh 2 orang saja... LUAR BIASA!!! AMAZING!! INCRIDIBLE!!!! mengingat hanya ada sekitar 8-10 orang yang bergabung dalam kelompok sukarela menggotong seluruh perkakas berat dari dalam gedung ke pelataran..

Satu jam setengah sejak baru terlihat asap di wuwungan atap gedung, mobil-mobil Petugas Pemadam Kebakaran mulai berdatangan, sirine meraung-raung memekakan telinga.. belum lagi mobil-mobil polisi, kendaraan yang lalu lalang, orang-orang yang mulai berkerumun ingin melihat dari dekat kejadian kebakaran di lokasi itu...

Pukul 00.15 api sudah berhasil dipadamkan keseluruhan.. kerumunan orang mulai berkurang, tinggal kerumunan di pelataran gedung, semua merasakan hal yang sama, shock, lemas, kaget, sedih, bercampur menjadi satu, diantara pemilik gedung, karyawan, member gedung, satpam, kerabat dekat.

POLICE LINE mulai dipasang di sekeliling halaman gedung... kini New Body Fitness Center sudah ditetapkan sebagai TKP. Polisi masih harus mengadakan penyelidikan, mencari penyebab terjadinya musibah kebakaran.



NOTE:
Mencermati satu kondisi 'extra-ordinary' seperti ini... dalam keadaan PANIK, rupanya tenaga orang bisa bertambah berlipat-lipat seketika. Kesigapan, kebersamaan, gotong rotong jelas terlihat nyata dalam satu kondisi musibah seperti ini. Bahasa Verbal sudah bukan yang utama, naluri untuk selamat dan menyelamatkan langsung menjadi komandan yang tak kasat mata..
Subhanallah..

me n my fave yoga members of NB

New Body Fitness Center
Jl. Bintaro Raya Utama
Bintaro Jaya Sekt.I
Tangerang
(tempat kegiatan yogaku dalam 5thn terakhir)