Thursday 24 February 2011

The Widow


Menyandang gelar 'widow' (red: janda) sungguh tidak nyaman, ada saja orang-orang yang memberi konotasi negatif, seolah-olah gelar ini hanya untuk perempuan yang menyebabkan hancurnya pernikahan, belum lagi pandangan curiga yang dilengkapi dengan sikap waspada dari para istri (dalam pergaulan). Seolah-olah sang widow adalah sebuah ancaman berbahaya, pesakitan yang siap menularkan wabah maut, it's a hard situation, tidak ada orang yang mau gagal bukan? Mudah-mudahan teman-teman saya, setidaknya teman-teman pembaca bukan dari golongan orang-orang tersebut ya, whatever.. they really don't know, boleh diabaikan!

Tetapi jangan menutup kemungkinan, memang ada jenis 'widow' yang boleh disebut sebagai ancaman, dia amat berbahaya! Walau sebenarnya dia hanya memangsa atau menyerang dalam keadaan kepepet, barangkali boleh juga disebut suatu sikap pertahanan diri menghadapi bahaya yang mengancam dirinya. Sebut saja dia si BLACK WIDOW.. 


Ini memang jenis mahluk yang sangat ditakuti, bayangkan sengatan-nya saja 15 kali lebih berbahaya dari ular boa yang berbisa, meski tidak mematikan (tidak menyebabkan kematian) tetap saja berbahaya, terutama bagi anak-anak dan manula. Bila tersengat mahluk ini biasanya langsung terlihat gejalanya sebagai berikut: mual, kejang otot perut, sulit bernafas, dan lumpuh. 


Mahluk yang saya bicarakan ini punya ciri-ciri khusus yang mudah dikenali, dia hanya keluar sarangnya pada musim kawin, tubuhnya tidak terlalu besar dengan delapan (8) kaki yang sangat ramping, pada tubuhnya yang hitam terdapat tanda jam pasir berwarna merah. Sangat ganas ketika dia mencabik tubuh mangsanya, merobek-robek hingga menjadi potongan kecil-keci, dan memangsa-nya sampai tak tersisa, perilaku yang sangat khas adalah.. ketika dia melaksanakan ritual kawin.. setelah ritual selesai maka pasangannya pun dijadikannya mangsa, setelah dilumpuhkan, dicabik-cabik lalu disantap-nya sampai tak tersisa.. Oh My God!.. 





"aku binatang jalang.. dari kumpulan yang terjalang.. "
(oopss sory Om Chairil Anwar, saya ubah sedikit puisinya :P)


Ah.. pantas saja dijuluki si BLACK WIDOW.. It's a spider! 
Jangan khawatir teman.. dia tidak memangsa binatang yang lebih besar, dia hanya memperkuat jaring-nya untuk menjerat serangga-serangga kecil yang malang.. Dia hanya memangsa lawan jenisnya ketika selesai ritual perkawinan, tentu saja lawan jenis dari sesama labah-labah. Dan dia tidak menyerang tanpa alasan, paling-paling kalau teman-teman tak sengaja mendudukinya, atau.. tergencet kaki di dalam sepatu.. ooppss.. beware the widow will get angry!!